Metode Permainan Dalam Pembelajaran
Metode
permainan matematika adalah suatu kegiatan yang mengembirakan yang dapat
menunjang tercapainya tujuan instruksional pengamatan matematika.
Hans
Daeng (Andang Ismail, 2009:17) mengatakan bahwa permainan adalah bagian mutlak
dari kegiatan anak dan permainan merupakan bagian integral dari proses
pembentukan kepribadian anak”.
Rani
Yulianty (2010:8) mengatakan permainan merupakan suatu bentuk penyesuaian diri
manusia yang sangat berguna, menolong anak menguasai kecerdasan dan koflik.
Joan
Freeman dan Utami Mundandar ( Andang Ismail,2009:21) mengatakan permainan
sebagai suatu aktifitas yang membantu anak mencapai perkembangan utuh baik
fisik, intelektual, sosial, moral dan emosional.
Dari
pengertian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa metode permainan merupakan
suatu aktifitas pembelajaran yang mengandung keasyikan dan dapat membantu anak
mencapai perkembangan kepribadian anak.
Permainan
anak taradisional yang dimiliki oleh anak-anak nusantara memang banyak sekali
ragamnya. Permaian yang berkaitan dengan ketangkasan, kesabaran, emosional,
kecermatan dan kecerdasan utuh. Permainan anak memiliki kelebihan tersendiri
disetiap daerah. Inilah sebagian permainan tradisional yang populer pada masa
itu yang ada dinusantara. Jenis-jenis permainan tardisional seperti: permainan
petak umpet, permainan congklak/dumpet, permaianz Jling-jlong, permainan ular
naga/oray-orayan, permainan gobak sodor/ galasin, permainan congklak/dakon,
permainan engrang/kaki panjang, permainan bentengan/rerebonan, permainan
gundu/kelereng, permainan patil lele/benthic, permainan gasing, permainan
bekelan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar